12 April 2018

Siklon Tropis Indonesia dan Dunia, Asal Usul Nama Dan Penyebabnya

contoh badai siklon tropis
Badai di Lautan

Hallo Ibu Pintar, kali ini kita akan bicara tentang Siklon yang pakai nama unik, yaitu siklon tropis. Apa ya siklon tropis itu? Siklon Tropis adalah badai yang belakangan ini sering terjadi. Apa yang membuatnya berbeda dengan badai yang lainnya adalah karena ia memiliki nama yang unik dan cantik. Nama-nama cantik untuk badai Siklon Tropis inilah yang cukup membuat banyak orang penasaran. Kalau di Indonesia badai menggunakan nama-nama bunga seperti anggrek, cempaka dan dahlia, lain lagi dengan  badai Siklon Tropis di dunia yang menggunakan nama-nama wanita dan laki-laki, seperti Harvey, Irma, dan lainnya.

Di Indonesia
Dua Siklon Tropis yang baru-baru ini terjadi di Indonesia adalah Siklon Tropis Cempaka dan Siklon Tropis Dahlia. Sebelumnya pernah terjadi Siklon Tropis Anggrek pada tahun 2010. Nama-nama bunga ini disepakati dalam penamaan badai tropis di Indonesia sejak terbentuknya pusat peringatan dini Siklon Tropis (Tropic Siclon Warning Center/TSWC) di Jakarta pada 2008. Beberapa nama bunga yang lain juga akan menyusul jika terjadi dan ditemukan Siklon Tropis baru. Seperti yang ada di website resmi milik BMKG, nama-nama tersebut diantaranya: flamboyan, kenanga, lili, manga, seroja dan teratai. Jika kedepannya ditemukan Siklon Tropis lagi maka namanya Siklon Tropis Flamboyan. Nama-nama badai tersebut diurut berdasarkan abjad.
Berdasarkan informasi dari Kepala bagian humas BMKG, Harry Tirto Djatmiko pada rabu malam (29/11). Indonesia dan badan meteorology di seluruh dunia punya kesepakatan dalam pemberian nama badai. Yaitu untuk 'Siklon Tropis' itu sebagai badai, sedangkan 'Cempaka' itu nama badai yang diberikan.
Menurut WMO (World Meteorilogical Organization), nama yang unik dianggap lebih mudah diingat ketimbang angka atau istilah teknis lainnya. BMKG juga menyatakan ada tujuan khusus dalam menamai Siklon Tropis dengan nama bunga. Yakni, agar Siklon Tropis yang sifatnya merusak tidak menjadi sesuatu hal yang buruk.

Di Dunia
Pusat Badai Nasional (NHC) Amerika Serikat (AS) menyatakan sejak tahun 1953 setiap badai tropis Atlantik yang muncul dinamai dari daftar nama yang berasal dari usulan mereka. Nama-nama badai ini dibuat dalam urutan abjad dan merupakan nama-nama perempuan dan laki-laki secara bergantian. Nama- nama badai ini kemudian di pelihara dan diperbarui melalui prosedur yang ketat oleh komite internasional WMO (Organisasi Meteorologi Dunia). Seperti yang kita ketahui Texas yang  di porak-porandakan topan Harvey. Karibia dan Florida diterjang oleh badai Irma dan disusul badai Jose yang mangancam benua Amerika.  Badai Jose bukanlah badai yang terakhir, setelah badai jose akan menyusul badai Katia, Lee, Maria dan badai-badai lainnya. Bagus-bagus ya namanya....

Penyebab Siklon Tropis
Mengetahui penyebab terjadinya Siklon Tropis akan menambah ilmu pengetahuan kita akan alam ini. Mempelajarinya akan membuat kita bisa lebih awas dan siap saat menghadapinya. Secara garis besar penyebab terjadinya siklon tropis adalah sama.
Sebagai contoh di Indonesia Siklon Tropis Dahlia terjadi di bawah garis ekuator wilayah selatan Indonesia. Matahari yang berada di belahan selatan menyebabkan tekanan rendah di sekitar Samudra Hindia. Tekanan rendah itu berbentuk memutar (siklonik). Kondisi ini juga  di tambah dengan pasokan uap air sehingga menjadi sebuah badai. Karena posisinya di wilayah tropis maka disebut Siklon Tropis. Seperti yang di informasikan oleh Fajar Handoyo, BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu.

Nah Ibu Pintar, waspada dan selalu siap untuk menghadapi badai menjadi prioritas kita sekarang. Persiapkan diri dan keluarga kita dengan pengetahuan tentang badai ini, karena Badai bisa datang kapan saja. 

Ratna SMadjid, 12 April 20018